Archive

Posts Tagged ‘Manajemen Mutu’

Dokumen yang Dipersyaratkan dalam rangka Sertifikasi ISO 9001:2008

July 16th, 2009 bambangkesit No comments

Untuk mendukung keberhasilan meraih sertifikasi ISO 9001:2008, maka diperlukan perencanaan yang matang sehingga ketika audit dilakukan semua data rekaman sebagai bukti implementasi dari ISO 9001:2000, bisa ditunjukkan. Berikut contoh pertanyaan Audit untu Program Studi dan Dokumen Rekaman yang diperlukan dan dipersyaratan dalam rangka Sertifikasi ISO 9001:2008 :

Read more…

Categories: Manajemen Mutu Tags:

10 Langkah Menyusun Dokumen Sistem Manajemen Mutu di Perguruan Tinggi

July 16th, 2009 bambangkesit No comments

Implementasi Sistem Penjaminan Mutu Perguruan Tinggi membutuhkan budaya mutu yang tinggi dari para pelaku dalam organisasi itu sendiri. Persyaratan ini berlaku jika ingin Sistem Penjaminan Mutu Perguruan Tinggi itu, berkelanjutan. Keberlanjutan ini merupakan suuatu ancaman terbesar dalam Implementasi Sistem Penjaminan Mutu di Perguruan Tinggi. Potensi ini cukup besar karena Perguruan Tinggi sebagai organisasi yang berisikan ide-ide besar dan ideal dari para pelaku organisasi (dosen-dosen). Kerap terjadi ide-ide tersebut akan menjadi isu-isu utama untuk mengarahkan jalannya organisasi untuk beberapa tahun ke depan. Namun, ketika pencetus ide tidak lagi menduduki sebagai pimpinan maka ide itu hilang dengan sendirinya. Dengan kata lain bahasa sederhana ganti pimpinan ganti kebijakan, ganti metode, ganti prosedur, ganti acara. Mulai dari awal lagi. Capek…… deh..

Read more…

Categories: Manajemen Mutu Tags:

Implementasi SMM UII(3): PDCA sebagai Konsep Dasar SPM-PT

May 31st, 2009 bambangkesit No comments

Menurut ISO 9000, SMM didefinisikan sebagai suatu sistem manajemen yang terdiri dari struktur organisasi, tanggungjawab, prosedur-prosedur, proses-proses dan sumber-sumber daya yang digunakan untuk mencapai standar yang telah disyaratkan atau ditentukan oleh organisasi itu sendiri guna memenuhi kepuasan pengguna.  Secara singkat, SMM mendefinisikan bagaimana organisasi menerapkan praktik-praktik manajemen mutu secara konsisten untuk memenuhi kebutuhan pengguna dan pasar. Komitmen manajemenlah kunci dari keberhasilan penerapan SMM. Komitmen ini harus dibangun dalam bentuk perilaku manajemen, komitmen bukanlah sekedar dukungan saja tetapi lebih berimplikasi pada letak tanggungjawab manajemen dalam menjamin keberhasilan implementasi manajemen mutu.

Read more…

Categories: Manajemen Mutu Tags:

Implementasi SMM UII (2) :Kebijakan Mutu dan Peran Pimpinan

May 10th, 2009 bambangkesit No comments

tulisan ini sambungan dari tulisan sebelumnya,

PERANAN SMM BAGI UII

Kebanyakan organisasi bisnis menggunakan Sistem Manajemen Mutu karena menginginkan adanya perbaikan kinerja sehingga dapat mencapai efisien dan efektif dalam mengelola organisasinya. Di sisi lain kebutuhan dan harapan pelanggan berubah, tekanan pesaing dan kemajuan tehnik, organisasi didorong untuk selalu memperbaiki produk dan prosesnya. Argumen ini , juga tidak jauh berbeda dengan UII dalam menerapkan SMM. Selain argumen tersebut, penerapan SMM  di UII juga diarahkan untuk membantu meningkatkan kepuasan pelanggan (pengguna jasa layanannya).  Pengguna jasa menghendaki layanan dengan karateristik yang memuaskan kebutuhan dan harapan mereka. Kebutuhan dan harapan mereka ini dinyatakan dalam spesifikasi produk dan bersama-sama dinamakan persyaratan pelanggan.

Read more…

Categories: Manajemen Mutu Tags:

Akreditasi BAN-PT Vs Sertifikasi ISO 9001:2000

May 10th, 2009 bambangkesit No comments

Jika sebuah Perguruan Tinggi yang mendapat hasil akreditasinya “A”, maka secara logika penalaran selayaknya mendapat Sertifikasi ISO 9001:2000. Namun, kenyataannya tidak demikian, atau sebaliknya dapat sertifikasi ISO 9001:2000 tetapi akreditasinya rendah. Adakah yang salah? Jawabnya ya. Berarti Perguruan Tinggi tersebut menggunakan standar ganda. Jika sumber datanya sama untuk keperluan yang berbeda maka tidak selayaknya menghasilkan hasil bertentangan. Seharusnya menghasilkan keselarasan atau hubungan akreditasi dan sertifikasi adalah berkorelasi positif, bukan negatif. Jika hasilnya bertentangan berarti data yang digunakan bersumber dari data yang berbeda.

Read more…

Manajemen SDM-Dosen dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Perguruan Tinggi

March 15th, 2009 bambangkesit Comments off

Dalam klausul 6.1, IWA 2:2007- ISO 9001:2000, Pimpinan Perguruan Tinggi, berkewajiban untuk mengelola sumberdaya manusia yang dibutuhkan untuk mengimplementasi sistem manajemen mutu agar dapat efektif dan efisien dalam mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Pimpinan perguruan tinggi bertanggungjawab terhadap pengelolaannya karena dosen memiliki peran yang sangat strategis dan penompang utama dalam meningkatkan mutu pendidikkan di perguruan tingginya.

Read more…

Categories: Manajemen Mutu Tags:

Indikator Keberhasilan Implementasi SMM di Perguruan Tinggi

March 9th, 2009 bambangkesit No comments

Salah satu ukuran keberhasilan implementasi Sistem Manajemen Mutu (SMM) di Perguruan Tinggi (PT), digunakannya fakta dan data sebagai dasar pengambilan keputusan ditingkat pimpinan puncak. Pada umumnya data dan fakta PT sebelum mengimplementasikan SMM kurang lengkap sehingga menyulitkan untuk mengukur keberhasilannya. Sudah menjadi fenomena umum banyak aktivitas yang telah dilakukan oleh PT, hanya sekedar melakukan. Kadang tidak terpikirkan bahwa segala aktivitas yang telah dilakukan itu juga perlu direkam apakah dalam bentuk pelaporan aktivitasnya itu sendiri dan juga produk yang dihasilkan dari aktivitas tersebut.

Read more…

Categories: Manajemen Mutu Tags:

Implementasi Plan,Do,Check, Act dalam Wewenang dan Tanggungjawab.

February 17th, 2009 bambangkesit No comments

Pendahuluan

Wewenang dan Tanggungjawab (WT) merupakan kuncinya terlaksana atau tidaknya suatu aktivitas. Di wewenang dan tanggungjawab ini terletak fungsi perencanaan aktivitas-aktivitas yang akan dilaksanakan. Wewenang dan tanggungjawab ini pula diskripsi pekerjaan dan tugas yang akan dilaksanakan oleh orang yang menduduki jabatan di unit organisasi tersebut. Wewenang dan Tanggungjawab ini perlu direkam dalam bentuk dokumen, sehingga akan memudahkan dalam mengidentifikasi aktivitas-aktivitas yang telah dilakukan.

Read more…

Categories: Manajemen Mutu Tags:

Guidance on the documentation requirements of ISO 9001:2008

January 31st, 2009 bambangkesit No comments

Document: ISO/TC 176/SC 2/N525R2 October 2008

1. Introduction

Two of the most important objectives in the revision of the ISO 9000 series of standards have been

  • to develop a simplified set of standards that will be equally applicable to small as well as medium and large organizations, and
  • for the amount and detail of documentation required to be more relevant to the desired results of the organization’s process activities.

Read more…

Categories: Manajemen Mutu Tags:
This site employs the Wavatars plugin by Shamus Young.