Home > Manajemen Mutu > ISO Bukan Sekedar "Administratif dan Kearsipan"

ISO Bukan Sekedar "Administratif dan Kearsipan"

Dalam proses bisnis memang diperlukan administrasi dan sistem kearsipan. Namun administrasi dan kearsipan tidak lebih penting dari proses-proses lainnya yang bermuara pada penciptaan surplus dan kepuasan pelanggan. Administrasi dan kearsipan bukannya tidak penting, bukan tidak terkait dengan pelanggan, namun ada hal yang lebih penting dari sekedar administrasi dan kearsipan. Administrasi dan kearsipan dalam manajemen mutu tidak boleh diabaikan, tatapi juga tidak selayaknya organisasi  menghamburkan sumberdaya untuk menata dan administrasi kearsipan. Keduanya harus diposisikan sebagai pendukung proses bisnis. Hal ini memang yang dipersyaratkan dalam ISO 9001.

ISO 9001 merupakan standar manajemen mutu yang relatif cukup baik. ISO 9001 dapat membantu menata proses aktifitas bisnis secara sistematis, terarah dan efektif. Standar yang mengatakan bahwa arsip harus disediakan dan dipelihara untuk memberikan bukti kesesuaian terhadap persyaratan dan keefektifan implementasi sistem manajemen mutu. Arsip harus mudah dipahami dan ditelusuri. Prosedur sistem kearsipan harus dibuat yang menjelaskan tatalaksana identifikasi, penyimpanan, masa retensi dan diposisi.

  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.
You must be logged in to post a comment.