Home > Manajemen Mutu > Mutu Gagal, Salah Siapa ?

Mutu Gagal, Salah Siapa ?

Judul tersebut, bermakna siapakah yang bertanggungjawab terhadap kegagalan implementasi Sistem Manajemen Mutu ? Kalau jawabnya Unit Pengendali Mutu, atau Tim ISO. Atau Gugus Kendali Mutu. Atau Unit Jaminan Mutu, maka pemahaman terhadap mutu belum melekat pada setiap anggota organisasi. Mutu adalah tanggungjawab semua unit dan semua personil pada semua tingkatan dalam organisasi. Bila ada persepsi bahwa unit pengendali mutu adalah unit yang paling bertanggungjawab aas keberhasilan atau kegagalan dalam menjalankan sistem manajemen mutu, itu menandakan belum mapannya pemahaman mengenai konsepsi mutu. Mutu menjadi tanggungjawab bersama dan merupakan program lintas fungsi.

Mutu tidak bisa tercapai hanya oleh unit pengendali mutu saja. Kegagalan pada unit Pengajaran misalnya, tidak selalu mencerminkan persoalan yang ada pada unit tersebut. Bisa saja kegagalan di unit Pengajaran karena bahan praktikum yang digunakan salah. Bahan salah bisa saja karena bagian pembelian membelinya salah dan seterusnya.

Untuk menghasilkan mutu yang baik sesuai dengan yang telah direncanakan diperlukan koordinasi lintas fungsi dan lintas hirarki, dan ini mungkin tidak berkaitan langsung dengan unit pengendali mutu. Unit pengendali mutu merupakan unit independen yang dibebani tugas untuk mengkoordinasikan semua kegiatan dan semua posisi yang perlu dilibatkan agar sasaran yang direncanakan dapat tercapai. Tugas mengkoordinasikan ini diwujudkan dalam bentuk prosedur mutu yang merupakan standar proses yang harus dijalankan ketika sebuah aktifitas itu melibatkan berbagai lintas fungsi dan lintas hirarki.

Categories: Manajemen Mutu Tags:
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.
You must be logged in to post a comment.
This site employs the Wavatars plugin by Shamus Young.